Rahasia Menjadi Seorang Entrepreneur Sejati

ENTREPRENEUR
Apakah itu Entrepreneur ?
Mungkin pertanyaan – pertanyaan seperti itu atau pertanyaan lain akan muncul di benak Anda saat Anda mendengar kata entrepreneur. Jika menurut kamus Bahasa Inggris, entrepreneur berarti orang yang mengatur  perusahaan. Dari definisi ini dapat diambil tiga poin penting. Pertama adalah kata orang, yang berarti pelaku usaha adalah manusia. Kedua adalah mengatur, yang dapat diartikan bahwa seorang entrepreneur harus bisa memimpin organisasi dengan baik. Ketiga adalah perusahaan, yang berarti seorang entrepreneur bekerja dalam sebuah tempat usaha di bidang tertentu. Namun sebenarnya kata entrepreneur artinya lebih dari itu.

http://www.paggu.com/wp-content/uploads/2009/09/Entrepreneur-Economy.jpgDi Indonesia masih banyak orang yang menganggap bahwa menjadi seorang pegawai, baik pegawai negeri atau swasta, masih lebih baik daripada menjadi seorang pengusaha. Anggapan ini memiliki dasar bahwa menjadi seorang pengusaha. Aman dan terjamin disini dapat diartikan dalam segi penghasilan dan resiko. Pegawai lebih aman dan terjamin karena resikonya kecil dan meskipun sedikit masih mendapat penghasilan dari instansi dimana dia bekerja. Namun pada akhirnya si pegawai inipun akan merasa bahwa menjadi pegawai inipun akan merasa bahwa menjadi pegawai masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Fenomena ini akhir – akhir ini menjadi sangat banyak, apalagi dalam era globalisasi dan modern saat ini.

Fenomena entrepreneur menjadi hal yang sangat populer akhir – akhir ini. Mulai dari yang muda sampai tua, pria maupun wanita, menjadi kegandrungan fenomena ini. Hal inipun menjadi fenomena yang populer di dunia mahasiswa. Sekarang banyak mahasiswa yang sudah menekuni bisnis dan sekaligus menjadi entrepreneur muda.
Ir. Ciputra yang menjadi pendiri yayasan Ciputra Entrepreneur, menuliskan beberapa prinsip tentang bagaimana cara menjadi seorang entrepreneur. Entrepreneur senior Indonesia ini menuliskan tujuh buah pertanyaan yang menjadi kunci sukses dalam dunia usaha di situs resmi Universitas Ciputra.

Tujuh buah pertanyaan ini adalah sebagai berikut : 

Pertanyaan 1:
Apakah Anda sangat passionate untuk jadi seorang entrepreneur?

Kalau Anda ingin berhasil dalam entrepreneurship Anda harus memiliki keinginan yang sangat besar, semangat baja dan percaya diri untuk jadi entrepreneur. Tidak bisa iseng-iseng untuk jadi entrepreneur, motivasi iseng-iseng tidak cukup kuat untuk menghadapi tantangannya. Anda harus rela dan berani bekerja dengan jam yang panjang, mencoba hal yang baru, tetap berusaha walau ditolak dan diabaikan, mau belajar dari kegagalan dan sebagainya. 

Pertanyaan 2:
Apakah Anda melihat sebuah kesempatan besar melayani pasar secara kreatif?

Kerap saya melihat banyak orang gagal dalam bisnis karena tidak melihat peluang secara kreatif. Mereka hanya meng-copy keberhasilan orang lain tanpa menambahkan nilai-nilai kreativitas ke dalam produknya. Ada berapa banyak peluang itu sesungguhnya? Banyak sekali, tidak terhitung, masalahnya Anda harus melihatnya dengan kaca mata kreatif. Berapa banyak peluang yang Anda bisa lihat tergantung sejernih apa kaca mata kreativitas anda ? 

Pertanyaan 3:
Apakah Anda memiliki sebuah produk inovatif yang ketika Anda tawarkan, prospek Anda tidak mampu mengatakan tidak?

Sebuah produk inovatif memberikan nilai tambah maksimum sedemikian rupa hingga konsumen tidak mampu mengatakan tidak ketika Anda menawarkannya. Oleh karena itu verifikasi asumsi-asumsi anda, lakukan uji pasar dan perbarui terus ide Anda sampai anda yakin pelanggan tidak sanggup mengatakan tidak ketika anda menawarkannya. 

Pertanyaan 4:
Apakah Anda memiliki kapasitas untuk memenangkan persaingan secara efektif?

Pasar yang kita hadapi adalah pasar bebas yang membuka pintu lebar-lebar kepada persaingan. Ja-ngan pernah masuk ke sebuah pasar tanpa memperhitungkan apa yang sedang dan akan dilakukan oleh pesaing. Pastikan bahwa pelanggan akan memilih anda. Nasehat bisnis ini perlu anda pikir baik-baik, be better not behind, if you are not better be different. Kalau belum better dan belum different pekerjaan rumah anda belum selesai. 

Pertanyaan 5:
Apakah Anda tahu bagaimana menghasilkan produk atau jasa yang ingin Anda pasarkan dengan cara yang paling efisien?

Setelah Anda memastikan bahwa pelanggan dapat Anda capai dan bisa puaskan maka pihak selanjutnya yang Anda harus puaskan adalah pemegang saham dan karyawan perusahaan. Mereka harus Anda layani dengan margin laba yang cukup untuk gaji dan dividen yang memuaskan. Oleh karena itu lakukanlah eksplorasi berbagai kemungkinan produksi yang termurah namun dengan kualitas yang terbaik. 

Pertanyaan 6:
Apakah Anda tahu bagaimana caranya mendanai keseluruhan usaha baru Anda dengan biaya termurah serta risiko terendah sementara hasil terbaik tetap dapat Anda dapatkan?

Ada berbagai cara untuk mendanai sebuah usaha baru dan ada beragam besar risiko yang bisa terjadi. Anda bisa meminjam uang dari keluarga, teman, tetangga atau dari bank. Anda bisa mengajak teman jadi pemegang saham atau mengundang modal ventura untuk ikut memulai usaha. Setiap pilihan memiliki plus dan minus tersendiri, hasil akhir dan risiko yang berbeda. Oleh karena itu jangan hanya membuat sebuah model bisnis, kembangkan berbagai alternatif dan pilih yang terbaik. 

Pertanyaan 7:
Apakah Anda siap menghadapi tuntutan kerja keras, risiko gagal dan rugi? Tidak ada gading yang tak retak, tidak pernah ada rencana yang sempurna.

Dari pengalaman saya perubahan dapat terjadi kapan saja oleh karena itu penyesuaian-penyesuaian harus tetap dilakukan. Walaupun demikian risiko gagal atau rugi ataupun risiko malu karena gagal tetap ada. Lakukan kalkulasi sebelumnya dan pastikan Anda berani menghadapinya.

Setelah Anda dapat menjawab ke tujuh pertanyaan tersebut dengan baik, Anda sudah siap menjadi seorang entrepreneur yang sukses.

Sumber : 
  1. www.ciputra.org  
  2. www.icrawl.org  
  3. www. id.shvoong.com


    Related Posts with Thumbnails
    You can leave a response, or trackback from your own site.